Hadang Pandemi Pramuka Bagikan Masker Kesehatan ke Warga

BitungHotline –Sebanyak 2000 masker kesehatan dibagikan oleh Ketua Kwartir cabang (kwarcap) Pramuka Kota Bitung Kak Rita Tangkudung, ST sekretaris Kwarcab Kak Julius Ondang dan  Kak Leonardo Axel Galatang Wakil Ketua Kwarcab pada Sabtu (14/8/2021) lalu

 Pembagian tersebut dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke 60 Tahun 2021. “Mengapa kami pengurs Kwarcab Pramuka Bitung, melakukan bagi-bagi masker sebagai bentuk dan upaya kami Pramuka Bitung mendukung pemerintah melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan pandemi Covid 19,” tutur Kak Rita Mantiri Tangkudung diwawancarai Minggu (15/8/2021).

 Menurut Kak Rita Mantiri Tangkudung, momentum hari Pramuka ke 60 pengurus Kwarcab Bitung ingin menunjukan bahwa Pramuka juga ikut ambil bagian dalam upaya pencegahan dan penyebaran Covid 19.

 Masker, sebagai satu diantar sekian banyak cara mencegah penyebaran covid 19. Serta bagian tak terpenting dari kebiasaan baru yaitu protokol kesehatan, yang kini  menjadi harga mati untuk diterapkan dan dilakukan semua orang.

Pada kesempatan melakukan bagi-bagi masker di beberapa titik jalan protokol di Kota Bitung, Kak Rita saapan dalam Kepramukaan juga turut memberikan himbauan kepada masyarakat agar selalu menaati dan disiplin terhadap protokol kesehatan (prokes).

 Aki bagi-bagi masker gratis yang dilakukan pengurus Kwarcab Pramuka Kota Bitung hingga yang ada di sejumlah sekolah, berlangsung disejumlah titik jalan protokol di Bitung.

 Mulai dari depan Gedung Kesenian di Girian, kemudian di depan kantor walikota Bitung jalan DR Sam Ratulangi dan di depan Pos 4 Pintu masuk pelabuhan Samudera Bitung.

“Atas nama pengurus kwarcab Pramuka Kota Bitung, kami berterima kasih kepada seluruh pengurus yang ada di tingkat kota maupun sekolah, serta adik-adik Pramuka yang sudah bersama-sama melakukan aksi kemanusian bagi-bagi masker dalam rangka hari Pramuka ke 60,” tandasnya.

Tak hanya melakukan aksi bagi-bagi masker gratis oleh Kak Rita Mantiri Tangkudung Ketua Kwarcab Pramuka Bitung, juga memasangkan masker anak kepada sejumlah anak-anak dan memberikan masker ke pengendara yang melintas di jalan.

 Julius Ondang sekretaris Kwarcab Bitung menambahkan, momentum peringatan hari Pramuka ke 60 Sabtu (14/8/2021) selain melakukan kegiatan aksi bagi-bagi masker gratis.

 Pengurus Kwarcab Pramuka Bitung juga melakukan Ziarah. “Kami berziarah ke makan mantan ketua Kwarab Bitung PH Runtuwene di pekuburan Girian,” tambah Julius Ondang.

 Di tempat terpisah jumlah kasus aktif Covid 19 per Kecamatan di Kota Bitung, terhitung hari Sabtu (14/8/2021) ada 25 kasus baru.

 Sedangkan untuk total positif covid 19 2.560, sembuh 2.373, meninggal 54 dan kasus aktif 133. Dengan angka kesembuhan 92.70 persen, angka kematian 2.11 persen dan kasus aktif 5.20 persen.

 Sementara itu, dari 69 kelurahan yang ada di delapan kecamatan tujuh kecamatan yang berstatus zona merah.

 Seperti biasa di Kecamatan Girian langganan zona merah Kelurahan Girian Indah 11 kasus dan Girian Permai tujuh kasus, lalu di Kecamatan Ranowulu ada Kelurahan Pinokalan delapan kasus.

 Langganan zona merah lainnya ada di Kecamatan Matuari yaitu Kelurahan Manembo-Nembo Atas dengan 13 kasus, disusul Manembo-Nembo Tengah sembilan kasus, Manembo-Nembo enam kasus dan Kelurahan Sagerat Weru Satu sembilan kasus. (Berita disadur dari tribunmanado.co.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *