Kemarin 809 Orang Dites Antigen, Ini Hasil Yang Terpapar Covid

BitungHotline—Atas instruksi Menteri Dalam Negeri no 32 tahun 2021 yang mengisyaratkan setiap kota/kabupaten di Indonesia yang masuk level 3 PPKM atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat akibat Covid 19 harus melakukan tes antigen kepada setiap warganya dengan jumlah yang telah ditargetkan oleh mendagri.

Kota Bitung sendiri mendapatkan Target tes Antigen per harinya sekitar 1120 orang sesuai dengan Inmendagri tersebut seperti tercantum dalam Halaman 18, bersama dengan 12 kabupaten kota lainya diluar Manado dan Minahasa yang masih pada tatanan Level 4 PPKM.

Inmendgari no 32 tahun 2021 halaman 18.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung Dr Piter Lumingkewas sendiri saat dikonfirmasi membenarkan hal itu, untuknya pihak Pemerintah bersama dengan Pihak Kepolisian Resort Bitung terus melakukan upaya antigen kepada warga dimulai dari kecamatan dan Sektor Kepolisian (polsek) dengan pelaksanan adalah 9  Puskesmas yang ada di Bitung. “Setiap Puskesmas kita targetkan sebanyak 130 orang tes Antigen untuk mencukupi Kouta yang ditargetkan Mendgari,” jelasnya.

Untuk itu mantan kepala RSUD manembo-nembo ini bermohon kepada warga kota Bitung untuk dapat menghargai Instruksi menteri ini. “Mendagri menilai cakupan penderita Covid kita masih sangat tinggi sementara Tes Antigen yang kita lakukan  lalu sangat rendah. Dan syukurlah Kemarin (12/8) kemarin kita sudah memulainya meski dibawah target,” katanya.

Diapun menyebutkan dari 809 orang sampel yang diambil kemarin, terdapat 13 warga Bitung yang terindikasi terpapar Covid 19. “Ukuran keberhasilan adalah sejauh mana pemerintah mampu mendeteksi penderita Covid. Lebih banyak kita mengetahui penderita lebih baik agar secepatnya diisolasi agar tidak menyebar,” jelasnya.

Dengan hasil ini Lumingkewas bersyukur jika Positif rate kota Bitung dibawah 5 persen atau hanya 1,6 persen sementara Positif rate Indonesia ada di angka 18,1 persen dan DKI Jakarta sendiri ada pada angka 6,9 persen(hc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *